Work from Home Menghambat Bisnis dalam Menjangkau Pelanggan

pexels-vlada-karpovich-4050299

Sejak melonjaknya kasus positif COVID-19 di Indonesia pada awal tahun 2020 lalu, banyak perusahaan akhirnya menerapkan work from home. Sayangnya, tidak semua jenis pekerjaan bisa dilakukan dengan efektif dari rumah. Terutama jenis pekerjaan yang bersifat produksi, akan sangat sulit dan berpotensi mengurangi produktivitas kerja jika hanya sedikit pekerja yang datang ke kantor.

Itu sebabnya dibalik banyaknya manfaat dan kenyamanan work from home, nyatanya sistem kerja ini justru menghambat bagi sejumlah bidang industri. Belum lagi kendala-kendala lain selama work from home yang sering terjadi, misalnya seperti beberapa tantangan work from home yang dipaparkan di bawah ini.

Jaringan internet kurang stabil saat WFH

Permasalahan yang paling umum terjadi saat work from home adalah jaringan internet yang mendadak kurang stabil. Padahal, semua pekerjaan yang dilakukan dari rumah umumnya selalu membutuhkan jaringan internet. Misalnya untuk aktivitas yang paling sederhana seperti berkomunikasi dengan tim lewat WhatsApp atau Slack.

Belum lagi permasalahan lainnya seperti mati listrik. Jika pekerja menggunakan jaringan Wi-Fi di rumah, sudah tentu akan langsung terputus dari jaringan internet. Bagi yang melakukan pekerjaannya secara online dengan menginput data atau informasi secara real time di sheet atau laman online, ini jelas kabar buruk. Tidak heran kalau untuk beberapa orang atau perusahaan work from home bisa jadi justru menghambat produktivitas.

Sulitnya team management saat WFH

Terlepas dari masalah jaringan internet yang tidak stabil, menjalin komunikasi termasuk berkoordinasi dengan tim tetap tidak mudah dilakukan kalau tidak secara tatap muka. Apalagi jika sebelumnya tidak pernah dilakukan secara virtual, kini harus beradaptasi melakukan team management secara virtual selama work from home. Bukan perkara yang mudah bagi sebagian besar orang.

Sekalipun sudah dibuatkan forum diskusi virtual seperti group chat, bukan berarti kesulitan berkomunikasi langsung terselesaikan. Sekali lagi, berkomunikasi secara tatap muka dan teks memerlukan pendekatan yang berbeda. Terkadang, team management secara virtual akan memakan lebih banyak waktu untuk menjelaskan hal-hal kecil yang cukup penting. Alhasil, waktu untuk bekerja juga jadi berkurang.

Terbatas dalam memantau dan menilai kinerja karyawan

Jika pekerjaan yang dilakukan saat work from home dilengkapi dengan fitur teknologi digital, maka tidak mengherankan kalau beberapa supervisor atau manager juga perlu mengubah metrik performa mereka. Cara menilai kinerja karyawan sudah pasti akan berubah, termasuk elemen-elemen yang akan dinilai dari karyawan tersebut.

Di sisi lain, beberapa aspek penilaian juga perlu dihilangkan karena tidak lagi relevan dengan praktik kerja jarak jauh ini. Semisal aspek penilaian yang bersifat non-teknis seperti relasi antar tim. Ini hampir tidak mungkin dinilai dan diterapkan sebagai KPI (Key Performance Indicator). Jadi, sebaiknya fokuskan pada indikator yang benar-benar dapat dinilai selama work from home berjalan.

Berkurangnya manpower selama pandemi

Seperti sudah disebutkan di awal artikel, bahwasanya tidak semua jenis pekerjaan dapat dilakukan dari rumah. Ada banyak jenis pekerjaan di mana karyawan harus datang ke kantor. Selama pandemi, hal ini sudah tentu harus disiasati. Salah satu yang umum diterapkan adalah dengan membagi shift kerja.

Pembagian shift kerja ini bertujuan untuk mengurangi banyaknya pekerja yang beraktivitas di ruang kantor demi menerapkan social distancing. Dengan kata lain, manpower yang dimiliki pun akan berkurang. Saat manpower berkurang, jelas produktivitas kerja juga akan berkurang jauh dari target biasanya.

Berbagai masalah dan tantangan selama work from home ini memang akan selalu ada. Namun, bukan berarti tidak dapat diatasi. Mulai dari masalah jaringan internet, komunikasi untuk team management, penilaian kinerja karyawan, sampai optimalisasi manpower semuanya bisa diatasi dengan layanan yang tergabung dalam PrimeTelco.

Jika perusahaan Anda terpaksa merumahkan atau bahkan melakukan efisiensi pekerja, layanan customer service center dari PrimeTelco dapat membantu Anda dalam mempertahankan hingga meningkatkan kualitas layanan pelanggan di perusahaan. Ini dikarenakan para agen yang sudah terlatih ini dapat bekerja secara remote dan tidak perlu datang ke kantor Anda.

Layanan dari PrimeTelco tidak hanya itu saja. Ada banyak fitur layanan untuk membuat work from home semakin nyaman dan minim kendala. Dengan begini, Anda tidak perlu lagi takut dengan hambatan-hambatan yang mungkin akan menekan produktivitas bisnis Anda.

Share this article

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Share on print