Strategi Penerapan Aplikasi Contact Center dalam Perusahaan

  • Beranda
  • News
  • Strategi Penerapan Aplikasi Contact Center dalam Perusahaan

Strategi Penerapan Aplikasi Contact Center dalam Perusahaan

Strategi Penerapan Aplikasi Contact Center dalam Perusahaan

Contact center adalah divisi yang krusial dalam sebuah perusahaan. Selain divisi pemasaran dan penjualan, divisi ini lah yang bersinggungan langsung dengan konsumen. Baik melalui komplain yang mereka lakukan, maupun pertanyaan seputar produk dan layanan yang ada.

Melihat peran penting divisi call center, Anda butuh aplikasi bisnis yang mumpuni untuk memberikan kemudahan bagi konsumen. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, Anda pun harus menggunakan teknologi yang lebih canggih dalam memberikan layanan.

Salah satu bentuk digitalisasi dari contact center sebuah perusahaan adalah dengan penggunaan aplikasi omni-channel. Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum menggunakan aplikasi bisnis ini. Berikut ulasannya untuk Anda.

Pahami Perilaku Pelanggan Sebelum Menerapkan Aplikasi Omnichannel

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum menerapkan aplikasi omnichannel adalah memahami perilaku pelanggan. Untuk memahami perilaku pelanggan, ada beberapa yang dapat Anda lakukan.

Mengumpulkan Data

Data pelanggan adalah unsur penting dalam sebuah bisnis, termasuk saluran komunikasi apa yang pelanggan gunakan untuk berinteraksi. Dengan mengetahui data pelanggan maupun calon pelanggan, Anda bisa lebih mudah menerapkan aplikasi bisnis omnichannel.

Segmen Audience

Segmen audience mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda. Tergantung usia, gender, dan beberapa hal lainnya. Ketika Anda memahami kebutuhan audiens, maka Anda bisa mengetahui tingkat retensi pelanggan dan bagaimana cara meningkatkannya.

Percakapan Yang Lebih Personal

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk percakapan yang lebih personal dengan pelanggan adalah melakukan survey. Cara ini juga membantu Anda untuk memahami seperti apa kecenderungan konsumen. Dengan melakukan survey, Anda bisa menanyakan penilaian mereka terkait layanan yang Anda berikan. Lewat data tersebut, Anda bisa megembangkannya untuk strategi bisnis kedepannya.

Baca juga : 12 Cara Terbaik untuk membuat Survei IVR yang efektif

Membuat Gambaran Integrasi Aplikasi Omnichannel

Tahap selanjutnya adalah membuat gambaran integrasi dari aplikasi omni channel yang akan Anda gunakan. Lewat cara ini Anda dapat membuat gambaran bagaimana tim contact center tanpa mengalami kehilangan data. Anda perlu memastikan bahwa aplikasi omnichannel yang Anda gunakan mampu bekerja secara optimal. Selain itu, seluruh data dalam perusahaan haruslah tersinkronisasi melalui aplikasi yang Anda gunakan.

Dengan sistem yang tersinkronisasi, kegiatan call center dalam perusahaan dapat berlangsung dengan lancar. Sehingga Anda bisa memberikan layanan yang maksimal bagi konsumen.

Manfaatkan WhatsApp untuk Optimasi Aplikasi Omnichannel

WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang populer di kalangan masyarakat. Hampir semua pemilik smartphone menggunakan aplikasi yang satu ini. Oleh sebab itu, selain menggunakan voice bot, manfaatkanlah WhatsApp untuk menjangkau konsumen. Melalui aplikasi ini, Anda juga bisa membangun komunikasi yang lebih personal. Selain itu, ada beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh dengan menggunakan WhatsApp omni-channel.

Sediakan Bantuan Self-Service untuk Konsumen

Hal lain yang tak kalah penting adalah menyediakan bantuan self-service bagi konsumen. Layanan ini membantu konsumen untuk menyelesaikan kendala yang mereka hadapi lewat komponen omnichannel. Dalam hal ini adalah website. Oleh karena itu, perusahaan harus memiliki website bisnis untuk memaksimalkan layanan bagi pelanggan. Selain itu, website bisnis bisa jadi alat branding bagi perusahaan Anda.

Gunakan Aplikasi Bisnis dari Developer Terpercaya

Aspek terakhir adalah menggunakan aplikasi bisnis dari developer terpercaya, seperti aplikasi yang kami tawarkan. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi digital sekaligus reseller IT produk, kami memiliki aplikasi bisnis omnichannel yang terintegrasi. Aplikasi kami bisa jadi solusi terbaik untuk perusahaan Anda dalam memberikan pelayanan untuk konsumen.

Share this article

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Share on print