Solusi Tracking dan Monitoring Peserta Ibadah Haji Terbaru

  • Beranda
  • News
  • Solusi Tracking dan Monitoring Peserta Ibadah Haji Terbaru

Solusi Tracking dan Monitoring Peserta Ibadah Haji Terbaru

Solusi Tracking dan Monitoring Peserta Ibadah Haji Terbaru

Ibadah haji adalah salah satu kegiatan religus terbesar yang dilakukan secara serentak oleh berbagai umat beragama islam di dunia. Mereka melakukan serangkaian ibadah khusus yang hanya bisa dilakukan di negara Sudi Arabia, Timur Tengah. Namun, ada satu permasalahan yang sama di setiap tahunnya, terutama untuk jemaah haji asal Indonesia. Tidak adanya solusi tracking dan monitoring efektif membuat sebagian besar dari mereka tersesat dan kebingungan.

Hal ini bertambah rumit karena sebagian masyarakat di negara kita yang melakukan haji biasanya sudah berusia lanjut. Berdasarkan data yang diambil dari berbagai sumber, setidaknya 30.000 jemaah haji tersesat dan kehilangan arah menuju pos pusat, sehingga mengharuskan team penyelenggara harus mencari secara manual.

Baiklah, tahukah Anda bahwa ada metode efektif dan praktis untuk mengatasi permasalahan ini? Kali ini Kami akan menjelaskan secara lebih terperinci menganai hal ini. Pastikan Anda membacanya sampai akhir agar bisa memahaminya dengan baik.

Analisis Sebelum Menerapkan Solusi Tracking dan Monitoring

Sebelum beralih menuju penyelesaian, ada baiknya untuk mendalami permasalahan yang kita hadapi.

Masih merujuk pada data di atas, bahwa setidaknya 30.000 orang kebingungan dengan arah karena wilayah Mekkah dan Madinah terlalu luas.

Adapun beberapa poin permasalahan yang dimaksud seperti:

  • Kurangnya koordinasi dengan staff lokal yang berada di sana
  • Tidak ada database bersama untuk jemaah haji yang bepergian
  • Tidak ada kemungkinan untuk melacak posisi setiap orang
  • Beberapa peziarah memutuskan untuk melakukan ibadah secara

terpisah/berjalan kaki

Dimana lokasi yang sering terjadi kehilangan kontak jemaah?
Menurut data, setidaknya ada dua wilayah utama yang sering kejadian tersesat dan hilang kontak, adapun kedua lokasi tersebut adalah Mina dan Dataran Arafah.

Solusi Tracking dan Monitoring Dengan IoT

Mengingat ini adalah zaman yang sudah modern dimana penggunaan teknologi adalah potensi terbaik yang dimiliki oleh kaum milenial. Keberadaan IoT (Internet of Things) agaknya bisa di kembangkan lagi.

Jika melihat negara-negara eropa, Anda akan mengetahui bahwa ada sebuah perusahaan besar yang berfokus menyediakan solusi tracking dan monitoring, yakni Teltonika Company.

Cabang utamanya terletak di Negara Lithuania, masih kawasan eropa dan tergolong negara maju. Namun, karena mampu memberikan pengaruh positif pada industri IoT, mereka membuka cabang di berbagai negara di dunia.

Salah satu device andalan mereka adalah GH5200, kita akan coba telusuri lebih mendalam. Fungsi, cara kerja, dan hal penting lainnya mengenai alat tersebut.

Hal yang terpenting adalah, apakah benar GH5200 ini bisa membantu melakukan pemantauan dan pelacakan dari jamaah haji Indonesia?

Mengenal Solusi Tracking Dengan GH5200

Alat GH5200 ini adalah sebuah produk dari Teltonika yang berperan sebagai personal tracker. Memanfaatkan konektivitas GNSS,GSM dan Bluetooth. Perangkat ini di rancang untuk semua jemaah haji agar dapat melakukan aktivitas ibadah dengan aman dan nyaman.

GH5200 Card ID jemaah haji

 

Jika melihat dari segi tampilan, Anda bisa melihat bentuk alat yang terbilang praktis dan sangat ringan. Tidak hanya itu, GH5200 juga dapat dikalungkan seperti ID-Card yang berisikan Informasi Indentitas, Kewarganegaraan,
Bahasa, dan lain lain.

Melihat Tombol-Tombol Di Perangkat GH5200

Seperti yang tadi sudah di jelaskan bahwa alat ini memang pada dasarnya di buat untuk menjadi solusi bagi seluruh masyarakat dunia yang hendak melaksanakan haji. Teltonika menyematkan beberapa tombol simpel, tidak ada konfigurasi rumit, semuanya di buat dengan sangat sederhana.

Adapun tampilannya bisa lihat pada gambar di bawah ini.

 

FUNGSI TOMBOL GH5200 TELTONIKA

Fitur-Fitur Unggulan Solusi Tracking Dengan GH5200

Cukup praktis bukan?

Adapun beberapa fitur yang harus Anda ketahui mengenai alat GH5200 antara lain sebagai berikut:

  • Deteksi Terjatuh – Lokasi tempat kejadian secara otomatis akan di laporkan kepada kelompok supervisor agar pertolongan segera dapat di lakukan.
  • Deteksi Lokasi –Lokasi dari Jemaah yang tersesat dapat di ketahui secara cepat.
  • Tracking – berdasarkan interval yang sudah di tentukan dan di laporkan langsung ke server dan dapat terkoneksi melalui smartphone.
  • Komunikasi 2 arah –Menghubungi GH5200 oleh group supervisor atau Jemaah haji.
  • Tombol SOS –Berguna untuk dalam keadaan darurat pada saat Jemaah haji membutuhkan bantuan.
  • Fitur Deteksi Gerakan –Mendeteksi ada tidaknya gerakan.
  • Deteksi Geofence –Mendeteksi Jemaah masuk dan keluar darri zona daerah tertentu.
  • Mendeteksi Detak Jantung –Mendeteksi detak jantung Jemaah haji apabila terdapat perubahan yang tidak wajar, bisa langsung menghubungi mereka

Cara Kerja IoT GH5200 Dalam Tracking dan Monitoring Jemaah Haji

Setiap Jemaah haji menggunakan perangkat GH5200 sebagai tanda pengenal. Alat ini akan mencatat seluruh kejadian dan pergerakan (point lokasi) para haji dan
mengirimkannya ke server di pusat.

Sekelompok Jemaah yang di pimpin oleh satu atau lebih team leader (supervisor) atau anggota keluarga akan dapat dengan mudah melacak keberadaan Jemaah melalui smartphone.

Jemaah haji juga dapat menghubungi team leadernya sewaktu mereka membutuhkan pertolongan, dan team leader dapat langsung melakukan
tindakan yang di perlukan.

Anggota keluarga atau kerabat yang di berikan akses ke web portal juga dapat
mengetahui posisi jemaah haji.

Bekerjasama Dengan Penyedia Solusi IoT Indonesia

Bagaimana apakah Anda sudah memahami cara kerja dan fitur dari GH5200? Apabila sekiaranya perusahaan penyedia layanan haji ingin menggunakan layanan ini, maka bisa menghubungi PTDigital Primetelco.

Ya, Kami sudah bekerjasama secara resmi dengan Teltonika untuk menyediakan kemudahan bagi masyarakat Indonesia agar tidak mengalami masalah lagi saat melakukan ibadah haji di tanah suci.

Kami akan mempunyai web portal khusus yanvg nantinya terhubung dengan GH5200, sehingga sebagai kerabat atau anggota keluarga bisa ikut memantau.

Perangkat ini menggunakan sistem USB, dan untuk menyimpan daya bisa menggunakan power bank. Kami sudah dikenal sebagai Penyedia Solusi IoT Profesional, sehingga tidak perlu khawatir masalah kualitas layanan.

Apabila ingin melakukan konsultasi secara daring, maka bisa via WA, klik saja tombolnya yang ada di pojok kanan bawah. Nanti bisa di lanjut melakukan zoom conference supaya lebih nyaman.

Apabila penasaran dan punya waktu luang bisa langsung datang ke kantor untuk melakukan diskusi langsung, silahkan cek alamat berikut:

Kantor Operasional & IT Development

  • OnePM Building 2nd Floor
    Jl. Boulevard Gading Serpong Blok M 5 No 17 – 18
    Tangerang, Banten, Indonesia, 15810

Kantor Administratif

  • My Republic Ground Floor Wing A & B, Zona 6
    BSD Green Office Park
    Jl. BSD Grand Boulevard
    BSD City, Tangerang, Banten, Indonesia, 15345

 

 

 

Share this article

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Share on print
id_ID