Problem Pada Proses Perpanjangan Polis Asuransi Kerugian

general-insurance

Hello, Bro/Sis di Asuransi Kerugian dan Broker/Agensi Asuransi Kerugian,

Beberapa waktu yang lalu kami melakukan riset atau diskusi kecil terkait asuransi kerugian, asuransi kerugian itu penting karena merupakan jenis asuransi yang memberi ganti rugi kepada seseorang pemilik asuransi yang kemudian disebut sebagai tertanggung yang menderita kerugian atas harta benda miliknya, di mana kerugian tersebut terjadi karena suatu bahaya atau bencana.

Pada diskusi tsb, kami membahas hal hal rutin yang biasa dilakukan di asuransi kerugian khususnya pada layanan retail (B2C) mulai dari penerbitan polis, perubahan polis atau endorsement, proses klaim hingga perpanjangan polis.

Sampai pada bagian perpanjangan polis, kami mencatat beberapa hal yang sebenarnya sederhana tapi cukup besar implikasinya kepada perusahaan asuransi tsb.

Pernahkah kalian mengalami hal berikut ini? (semoga saja tidak ya), atau memang kalian rutin bergelut dengan masalah hal serupa di perusahaan tempat kalian bekerja?

Salah satu kelemahan di industri asuransi kerugian atau umum adalah tidak atau terlambat follow-up perpanjangan polis tertanggung, karena asuransi kerugian tidak menerapkan otomatis perpanjangan polis spt hal nya pada asuransi jiwa, kami telah melakukan survey atas hal ini, dan kebanyakan permasalahan ini disebabkan:

  1. Tidak ada staff yg memonitor data secara rutin
  2. Data tertanggung terselip
  3. Masih ada outstanding claim, sehingga dihold dan akhirnya terlupakan
  4. Claim ratio yg tinggi pdhal ada aspek lain yg mestinya diperhatikan sehingga polis tertanggung tsb sebenarnya layak utk diperpanjang dan akhirnya data tertanggung tidak tampil di dalam daftar renewal
  5. Dll.

Dari hasil tsb di atas, yg paling menjadi perhatian kami adalah nomor 1 sd 3, dimana asuransi seharusnya bisa mendapat sumber pendapatan premi yg cukup besar dari perpanjangan polis tsb, lalu bagaimana caranya utk mengatasi hal tsb? Kami punya jawabannya!

Prime – Voice & Speech Recognition AI

Yaitu Solusi Aplikasi AI yg berintegrasi dgn system IP Telephony. Aplikasi ini akan melakukan call ke tertanggung/agent untuk mengingatkan perpanjangan polis, aplikasi ini juga dapat berinteraksi spt hal nya orang yg menghubungi tertanggung/agent tsb, dan aplikasi ini juga dpt berintegrasi dgn system yg ada di asuransi jika tertanggung/agent menyetujui perpanjangan polis tsb, sehingga system asuransi dpt sgr menindaklanjutinya spt langsung membuat polis tsb dan mengirimkannya ke tertanggung/agent berupa ePolicy.

Contoh percakapan sederhana robot AI Asuransi XYZ dengan tertanggung (B2C), panggilan telah dijadwalkan setiap hari pada jam 9:00, script dan flow percakapan robot AI dpt dicustom sesuai kebutuhan.

AI: Selamat pagi, nama saya Siska, saya adalah robot AI PT Asuransi XYZ, saya ingin menginformasikan bahwa polis kendaraan anda dgn nomor polisi B123ABC akan jatuh tempo pada 01 Januari 2021, premi perpanjangan ini adalah sebesar 2 juta rupiah, untuk tetap mendapatkan perlindungan asuransi kendaraan dari kami, apakah anda setuju untuk kami proses perpanjangan polis anda ini?
Tertanggung/Agent: Ya
AI: Terima kasih, sebentar lagi kami akan mengirimkan SMS yg berisikan link untuk mendownload polis elektronik anda yg baru ke nomor ini. Salam sejahtera untuk Anda dan keluarga

Untuk demo Klik Disini

We are happy to help!

Share this article

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Share on print