Memanfaatkan Robot AI Dalam Penagihan

npl

Hi Bro/Sis yang bekerja di Institusi Keuangan,

Bagian penagihan atau debt collection di perusahaan jasa keuangan seperti Bank, Fintech, dll nya merupakan salah satu bagian penting dari perusahaan agar perusahaan tetap sehat, salah satu indikator kesehatan aset suatu institusi jasa keuangan adalah NPL atau Non Performing Loan. Indikator tersebut dapat berupa rasio keuangan pokok yang mampu memberikan informasi penilaian atas kondisi permodalan, rentabilitas, risiko kredit, risiko pasar, serta likuiditas.

DPD atau Delinguency Past Due adalah Lamanya jumlah hari tunggakan yang telah terjadi, dan angka DPD juga menjadi faktor penentu tinggi atau rendahnya nilai NPL dalam suatu periode tertentu, semakin rendah DPD akan membuat NPL juga semakin rendah, tergantung pada kebijakan management di masing masing perusahaan, data tagihan yang sudah melewati batas hari yang sudah ditentukan akan diserahkan ke perusahaan Debt Recovery untuk dilanjutkan proses penagihannya, dan biasanya perusahaan akan dibebani fee atau komisi jika perusahaan Debt Recovery tsb berhasil menagihnya. Jadi alangkah baiknya jika perusahaan dapat melakukan penagihan dengan cepat dan efisien sebelum data data tagihan tsb diberikan kepada perusahaan Debt Recovery, lalu bagaimana caranya? Kami punya jawabanya!

Prime – Voice & Speech Recognition AI

Yaitu Solusi Aplikasi AI yg berintegrasi dgn system IP Telephony. Aplikasi ini akan melakukan call ke debitur untuk mengingatkan tagihan yang masih harus dibayarkan,
aplikasi ini juga dapat berinteraksi spt hal nya orang yg menghubungi debitur tsb, dan aplikasi ini juga dpt berintegrasi dgn system yg ada di perusahaan, jika debitur menyetujui untuk melakukan pembayaran, data akan diberikan ke system perusahaan untuk dilakukan proses selanjutnya.

Contoh sederhana Bank XYZ – untuk tagihan rutin (preventive), telah menjadwalkan agar setiap hari akan dilakukan call ke debitur pada jam 9:00, script dan flow percakapan robot AI dpt dicustom sesuai kebutuhan.

AI: Selamat pagi, nama saya Siska, saya adalah robot AI PT Bank XYZ, saya ingin menginformasikan bahwa tagihan kartu kredit anda akan jatuh tempo pada pada 01 Januari 2021, sebesar 2jt rupiah, segera lakukan pembayaran anda sebelum tanggal tersebut untuk menghindari denda dan bunga, kira kira kapan anda mau melakukan pembayarannya?

Debitur: Tanggal 30 Des 2020

AI: Terima kasih atas kerjasamanya, semoga anda diberikan rejeki dan berkah dari Tuhan, salam dari kami untuk anda dan keluarga.

 

Contoh sederhana Bank XYZ – untuk tagihan yang sudah masuk DPD tertentu , telah menjadwalkan agar setiap hari akan dilakukan call ke debitur pada jam 14:00, script dan flow percakapan robot AI dpt dicustom sesuai kebutuhan.

AI: Selamat pagi, nama saya Siska, saya adalah robot AI PT Bank XYZ, saya ingin menginformasikan bahwa tunggakan tagihan anda sebesar 35jt rupiah, dan anda sudah menunggak selama 91 hari, sebaiknya anda segera melakukan pembayaran sebelum tanggal 01 Januari 2021, untuk menghindari denda dan bunga yang lebih besar lagi, kira kira kapan anda mau melakukan pembayarannya?

Debitur: Tanggal 31 Des 2020

AI: Terima kasih atas kerjasamanya, semoga anda diberikan rejeki dan berkah dari Tuhan, salam dari kami untuk anda dan keluarga.

Skenario tsb dpt juga digunakan utk perusahaan pembiayaan seperti leasing kendaraan dll, dan juga fintech.

Setiap hari platform ini akan mengirimkan report harian yang dapat dimanfaatkan sebagai referensi ke system lain untuk proses otomatisasi lebih lanjut.

Untuk demo Klik Disini

We are happy to help!

Share this article

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Share on print