Banyak yang sudah mendengar istilah tentang omni channel, banyak pula yang sudah memahami software ini. Tapi tidak sedikit perusahaan yang masih ragu untuk menerapkan software ini, karena menganggap omnichannel tidak menguntungkan. Padahal, ditelisik lebih jauh lagi, ketika pebisnis memutuskan menerapkan strategi ini maka akan ada banyak keutungan yang di peroleh.
Terlebih di masa pandemi covid seperti sekarang yang mengharuskan untuk setiap pelanggan memanfaatkan platform digital. Agar pelanggan tetap stabil dan tetap nyaman, menerapkan strategi omnichannel dianggap sangat menguntungkan. Tidak hanya itu saja, adanya omnichannel call center kenyataannya juga memberikan banyak keuntungan. Apa saja keuntungannya?
Setiap perusahaan berekspektasi untuk dapat berinterasi dengan cara apapun. Adanya strategi omnichannel pastinya menjadi terobosan baru. Karena omni channel itu sendiri merupakan layanan yang dapat memungkinkan pelanggan untk dapat menghubungi perusahaan dengan metode komunikasi sesuai pilihannya. Istilah omni channel itu sendiri digunakan sebagai system contact center yang mampu mengintegrasikan semua interaksi dengan customer yang sama di channel dan juga kesempatan yang berbeda.
Dengan begitu, pelanggan dapat berbelanja dan memperoleh informasi dengan mudah menggunakan berbagai channel sekaligus baik online dan offline.
Alasan Penerapan Strategi Omnichannel Penting
Sebelum Kita mengetahui apa keuntungan yang akan Anda peroleh ketika menerapkan strategi omnichannel, terlebih dahulu Anda ketahui pentingnya menerapkan strategi ini. Berikut alasan pentingnya menerapkan strategi omni channel :
-
Dapat Memberikan Kemudahan Kepada Pelanggan
Banyak sekali pelanggan yang merasa kesulitan ketika menghubungi agen contact center. Sehingga membuat pelanggan merasa tidak puas dan berfikir untuk pindah ke kompetitor. Dengan adanya omnichannel contact center ini diharapkan pelanggan tak lagi merasa kesulitan tersebut.
-
Dapat Memantau Dan Mengumpulkan Data Pelanggan
Kebutuhan mengenai analisa dan laporan saat ini dibuat secara digital. Adanya teknologi omnichanel memungkinkan perusahaan untuk dapat mengumpulkan data dalam jumlah yang besar dengan mudah. Laporan data tersebut dapat menjadi acuan untuk memperbaiki dan mengembangkan layanan perusahaan.
-
Agen Dapat Bekerja Secara Efektif
Platform contact center dapat memudahkan agen bekerja secara efektif dan fokus dalam menangani keluhan atau permasalahan yang dihadapi pelanggan. Dengan keluhan yang tertangani dengan baik, maka otomatis akan meningkatkan kepuasan pelanggan.
-
Kemudahan Pengelolaan Dan Biaya Yang Efisien
Perusahaan tidak perlu lagi mengelola beberapa channel komunikasi pada platform yang berbeda. Dengan begitu, perusahaan dapat menghemat biaya operasional karena tidak perlu lagi merekrut banyak agen.
Keuntungan Penerapan Strategi Omni Channel
Setelah membahas alasan mengapa harus menerapkan strategi ini, tentu saja alasan tersebut didasari pada keuntungan yang akan diperoleh saat menggunakan omnichannel. Berikut keuntungannya :
- Anda dapat mengukur tingkat kepuasan pelanggan dan dapat lebih mudah mengetahui cara untuk meningkatkannya. Serta dapat menciptakan loyalitas pelanggan yang berkelanjutan.
- Perusahaan Anda dapat menciptakan brand experience sesuai kebutuhan dari pelanggan.
- Anda bisa mengoptimalkan produktivitas agent dan karyawan.
- Perusahaan Anda dapat lebih mudah menyelerasakan tujuan perusahaan dan karyawan.
- Agen Anda bisa memerikan layanan pelanggan untuk semua channel seperti email, chat, SMS, intelligent chatbot, co-browse, media sosial, video, dan Internet of Things (IoT) di semua jenis perangkat yang digunakan pelanggan.
Dengan segala manfaat dan keuntungan yang didapatkan, maka penerapan aplikasi contact center omnichannel menjadi sebuah keharusan. Tapi pastikan Anda memiliki pengembang software yang sudah terpercaya seperti ptdigital.co.id.