Apa Perbedaan Penyedia Call Center dan Contact Center?

  • Beranda
  • News
  • Apa Perbedaan Penyedia Call Center dan Contact Center?
Apa Perbedaan Penyedia Call Center dan Contact Center

Digitalisasi bisnis sudah menunjukan perkembangan yang cukup meningkat signifikan. Dari tahun ke tahun di Indonesia sendiri mulai menyusul konsep bisnis digital yang lebih maju.

Salah satunya adalah menggunakan call center dan contact center dalam sistem komunikasi dengan klien atau pelanggan.

Tapi tunggu sebentar..

Apakah keduanya adalah hal yang sama? Atau hanya sekadar mirip?

Ya, di zaman sekarang banyak yang mempergunakan istilah ini, tetapi tidak benar-benar mengetahui arti dan penjelasan di baliknya.

Nah, untuk bisa mengetahui lebih lanjut mengenai keduanya. Kami akan membantu Anda menyajikan beberapa penjelasan agar bisa semakin paham dengan kedua istilah ini.

Apa Itu Penyedia Call Center?

Mari bahas satu-satu terlebih dahulu. Penyedia call center adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang menejemen telemarketing yang membantu pihak perusahaan atau pemilik bisnis lain untuk menyelesaikan keluhan dan persoalan yang di alami oleh pelanggan.

Call center sendiri berfokus hanya pada penerimaan panggilan telepon, baik dalam bentuk telepon langsung ataupun VoIP.

Dalam penerapannya call center menggunakan beberapa teknologi terbaru yang terus mengalami perkembangan.Berikut beberapa teknologi dan sistem yang di terapkan dalam call center:

  • Automatic Call Distributors
  • Call Center Servicing Application
  • Campaign Management System
  • Interactive Voice Response
  • Workforce Management Software
  • Quality Management Applications
  • Computer Telephony Integration

Jangan heran jika semua istilah di atas menggunakan bahasa inggris, karena semua teknologi terbaru dalam call center memang sumbernya dari luar negeri.

Lalu, Apa Itu Penyedia Contact Center?

Penyedia contact center sendiri adalah perusahaan atau layanan jasa yang bergerak dalam bidang digitalisasi bisnis. Fokus utama contact center mirip dengan virtual call center, yakni melayani dan memberikan solusi kepada para konsumen mengenai produk atau jasa yang di tawarkan oleh pemilik bisnis.

Namun, dalam menjalankan pekerjaannya contact center mampu mempergunakan lebih banyak media. Beberapa diantaranya yakni:

  • Chat via aplikasi/web
  • Media sosial (Facebook, Intagram, Twitter, dan lain sebagainya)
  • Email (Gmail, Microsoft Outlook, dan sebagainya)

Ya, dari sini sudah mulai terlihat perbedaan kontras pada call center dan contact center. Anda akan menjadi semakin paham jika diberikan penjelasan menggunakan contoh bukan?

Oleh karena itu, simak baik-baik penggunaan call center dan contact center di bawah ini.

Contoh Penggunaan Call Center dan Contact Center

Berikut beberapa situasi dan kondisi dimana pengguna/konsumen melakukan komunikasi dari kedua layanan ini:


“Bapak Andri ingin berkonsultasi mengenai layanan virtual omnichannel u
ntuk kebutuhan bisnis. Ia lebih suka melakukan komunikasi secara langsung melalui telepon seluler biasa”

Situasi di atas menunjukan penggunaan call center karena, pihak konsumen sendiri hanya menghubungi penyedia layanan secara langsung melalui telepon (tanpa chat, tanpa email, atau semacamnya).

 

Coba perhatikan kembali contoh berikut!

 

“Bu Ani ingin berkonsultasi mengenai pembuatan kolam renang, namun ia tidak begitu suka untuk berkomunikasi secara langsung melalui telepon dengan orang asing. Oleh karena itu, dia memutuskan untuk menghubungi kontraktor kolam renang melalui email dan chat.”

 

Sudah jelas bukan, situasi di atas menujukan penggunaan contact center. Karena, konsumen tidak menggunakan metode komunikasi yang lebih luas (tidak hanya telepon saja).

Simpulan Perbedaan Call Center dan Contact Center

Jika melihat dari penjelasan di atas, maka bisa di simpulkan perbedaan call center dan contact center antara lain:

1.Media

  • Call center hanya melalui telepon
  • Contact center bisa menggunakan metode lain (email, chat, dan lain sebagainya)

2.Pengumpulan Data

  • Call center menyelesaikan masalah klien dalam sekali jalan, cukup culit mengumpulkan data pengguna guna kebutuhan marketing
  • Contact center mampu mengumpulkan data sekaligus menyelesaikan masalah klien. Mengingat banyak media yang di pergunakan.

3.Preferensi Konsumen/Klien

  • Call center lebih disukai oleh pelanggan yang tidak ingin basa-basi dan ingin langsung ke intinya
  • Contact center terkadang ada beberapa konsumen potensial yang hanya sekadar ingin mengetahui layanan yang di tawarkan tanpa ada keniatan untuk membeli/menggunakan jasa

Penyedia Call Center dan Contact Center Profesional

Setelah mengetahui perbedaan dari keduanya, mungkin sudah waktunya untuk mulai menentukan mana layanan yang cocok untuk bisnis Anda.

Karena, PTDigital Prime Telco siap membantu perusahaan dan para pemilik usaha bisnis meningkatkan pengalaman dari para konsumen.

Sejak 2017, Kami sudah membantu banyak perusahaan membantu menyelesaikan persoalan klien baik dalam bentuk layanan call center ataupun contact center.

Tidak hanya itu, melainkan Kami juga sudah berhasil menjadi penyedia layanan digital terpercaya dan bekerjasama dengan beberapa perusahaan ternama seperti:

  • Agung Sedayu Group
  • Astragraphia
  • Bankriaukepri
  • Bopenda
  • Batavia Rent
  • Dana Syariah
  • KALBE
  • OJK
  • Pertamina
  • Dan lain sebagainya

Catatan: Informasi lainnya mengenai daftar pengguna layanan PTDigital bisa Anda cek pada bagian klien Kami.

Ingin menjadi klien Kami?

Silakan konsultasikan kebutuhan Anda, klik logo Whatsapp yang ada di pojok kanan bawah.

Apabila ada waktu, Anda juga bisa datang langsung ke kantor Kami, berikut informasi lokasinya resmi Kami:

Kantor Operasional & IT Development

  • OnePM Building 2nd Floor
    Jl. Boulevard Gading Serpong Blok M 5 No 17 – 18
    Tangerang, Banten, Indonesia, 15810

Kantor Administratif

  • My Republic Ground Floor Wing A & B, Zona 6
    BSD Green Office Park
    Jl. BSD Grand Boulevard
    BSD City, Tangerang, Banten, Indonesia, 15345