4 Kunci Utama Untuk Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Di Era Digital

  • Home
  • News
  • 4 Kunci Utama Untuk Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Di Era Digital
4 Kunci Utama Untuk Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Di Era Digital

Masih ingat dengan pembahasan Kami yang sebelumnya berkaitan dengan Sistem CRM?

Pada kesempatan kali ini admin akan membahas hal yang lebih luas, namun tetap berkaitan dengan tips-tips bagaimana caranya agar para pelanggan yang menggunakan produk atau jasa bisa tetap loyal dan tidak beralih menggunakan layanan lainnya. Perlu di pahami bahwa informasi yang akan Kami sampaikan ini sifatnya argumentasi/pendapat sehingga tidak bisa di katakan mampu 100% memberikan jaminan.

Karena, pada dasarnya namanya loyalitas pelanggan itu ada banyak faktor yang mempengaruhi baik eksternal atau internal. Oleh karena itu, sebagai pemilik perusahaan Anda harus lebih kreatif dan invoatif lagi agar mereka tidak bosan saat menggunakan layanan/produk yang di tawarakan. Berikut ini beberapa poin-poin yang sudah Kami kumpulkan, silahkan di simak dan menerapkannya dalam bisnis yang sedang Anda jalankan.

1.Hadapi Keluhan Mereka dan Berikan Solusi

Ketika ada keluhan yang di alami oleh para pengguna layanan/produk, jangan menghindar atau memberikan seribu alasan! Hal ini banyak sekali di temukan, karena tidak mampu memberikan solusi mereka justru memberikan jawaban yang tidak mampu memberikan jalan keluar kepada pelanggan.

Jika Anda membiarkan hal ini secara beberapa kali, maka secara perlahan pelanggan akan kehilangan kepercayaan (trust). Oleh karena itu, pastikan untuk menghadapi keluhan mereka, dan berikan solusi. Sampaikan penjelasan secara gamblang dan jangan berbelit-belit. Ketika Anda mampu melakukannya maka klien tentu akan senang dan merasa puas.

2.Memperbaiki Management CS

Tidak ada yang tahu berapa banyak pelanggan yang mampu di handle oleh Customer Service Anda. Hindari menghemat operasional dengan hanya menyediakan satu CS saja. Perlu di pahami bahwa pelanggan dalam jumlah ratusan bahkan ribuan akan sangat mustahil di atasi melalui satu layanan pelanggan. Sekurang-kurangnya minimal 2 lebih baik lagi jika ada sistem yang terintegrasi secara digital, contohnya CRM sehingga mampu mempermudah proses pelayanan dengan para klien.

Hal yang perlu di tekankan disini adalah sebaik apapun team CS Anda jika menghandle, ribuan klien pada waktu yang bersamaan maka sudah pasti akan kewalahan, sehingga perlu adanya sistem yang lebih baik untuk hal ini.

3.Sampaikan Pendapat atau Respons Dengan Ramah dan Sopan

Kami memahami terkadang tidak semua klien itu mempunyai pemahaman yang baik. Terkadang ada yang komplain dengan nada yang kasar atau emosi yang meluap-luap. Namun, sebagai pihak perusahaan Anda tidak boleh terbawa emosi juga. Sampaikan pendapat atau respons yang ada dengan menggunakan bahasa yang tetap sopan dan ramah. Klien yang tadinya bertindak kasar tentu akan merasa malu sendiri, dan mungkin akan meminta maaf. Untuk yang satu ini kaitannya dengan sikap, jika Anda sudah dianggap sebagai penyedia layanan yang ramah, maka mereka juga akan betah menggunakan jasa atau produk Anda.

4.Lakukan Komunikasi Interaktif Visual

Jangan hanya sekadar membalas keluahan mereka melalui chat saja, apabila sekiranya masalah cukup rumit pastikan untuk menggunakan sarana komunikasi visual seperti online conference, atau video call. Perlu di pahami tidak semua produk atau jasa perlu menggunakan metode ini, biasanya untuk produk layanan jasa yang klien-nya terdiri dari perusahaan atau corporate hal ini sudah menjadi kewajiban. Karena dengan melakukan interaksi visual, lebih kurang seperti bertemu secara tatap muka meskipun lokasinya bisa saja berjauhan.

Kesimpulan

Oke, itu dia beberapa tips yang bisa Kami sampaikan terkait cara untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Semoga bisa bermanfaat untuk kemajuan perusahaan atau bisnis Anda. Apabila ingin mendapatkan solusi management CS atau peningkatan kualitas call center, maka bisa juga bekerjasama dengan PTDigital Prime Telco.

Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyedia call center, omnichannel. Melalui tim yang profesional, Kami siap membantu menyediakan fasilitas komunikasi terbaik menggunakan sistem CRM yang terbaru sesuai dengan perkembangan zaman. Saat ini PTDigital bekerjasama dengan Salesforce dan Zoho Phonebridge. Dua platform berkelas yang sering di pakai oleh perusahaan besar di dunia untuk memberikan kualitas layanan terbaik kepada pelanggan.

Silahkan langsung saja konsultasikan urusan call center, dan omnichannel bersama Kami. Klik logo Whatsapp yang ada di pojok kanan bawah, atau klik hubungi Kami!