Mengenal Sistem CRM Metode yang Efektif Memperkuat Bisnis Anda!

Dalam dunia bisnis Anda tidak bisa stagnan menggunakan satu metode lama saja. Dengan berkembangnya kemajuan teknologi, jika tidak mengikuti bisa-bisa tertinggal jauh di belakang oleh para pesaing, terutama di bidang usaha yang sama. Salah satu faktor terpenting dalam bisnis adalah memperkuat kualitas hubungan dengan pelanggan. Ya, dimana-mana goal dari mendirikan perusahaan adalah memperoleh banyak klien, sehingga pendapatan bisa meningkat.

Ada satu metode yang berkaitan dengan komunikasi antara klien dan pemilik perusahaan, yakni CRM (Customer Relationship Management). Ya, istilahnya berasal dari bahasa inggris, konsep ini memang pada mulanya berasal dari luar negara. Secara umum, negara maju seperti Amerika, dan negara eropa lainnya yang pertama kali menerapkan sistem ini pada bidang bisnis mereka.

Jadi, bagaimana cara kerja CRM? Apa pula manfaatnya bagi bisnis perusahaan?

Kita akan kupas tuntas semuanya, oleh karena itu pastikan untuk membaca sampai akhir ya.

Mengenal Sistem CRM Lebih Jauh Lagi

CRM dalam bahasa Indonesia mempunyai arti “Pengelolaan Hubungan Pelanggan”, adalah sebuah sistem yang memungkinkan perusahan untuk memperoleh data sehingga bisa memberikan solusi kepada para pelanggan secara lebih akurat. Setelah data di kumpulkan maka, akan di kelola dengan baik dengan memperhatikan privasi dari pelanggan.

Ya, terkesan mudah, namun pada faktanya menggunakan CRM harus mempunyai aturan yang jelas. Sebagai perusahaan, Anda harus memilih penyedia layanan yang berkualitas dan dapat di percaya. Wajib terdaftar sebagai PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik) yang searah dengan Kemkominfo agar tidak ada penyalahgunaan data.

Syarat Menerapkan Sistem CRM

Seperti konsep komunikasi pada umumnya, untuk bisa menggunakan CRM Anda memerlukan komponen pembangun. Ya, tanpa hal-hal berikut sistem canggih sekalipun tidak bisa berfungsi dengan sebagaimana mestinya. Lantas, apa saja syarat menerapkan metode CRM? Berikut penjelasannya.

1.Klien/Pelanggan/Customer

Apa pun sebutannya, merekalah target utama yang membuat sistem ini ada. Karena, Anda adalah pemilik usaha, maka jelas harus mempunyai pelanggan, metode CRM ini bisa di gunakan untuk mendapatkan pelanggan baru ataupun mempertahankan yang sudah ada.

Dengan menerapkan sistem CRM, Anda bisa mengetahui target pasar secara lebih mendetail(mendekati akurat). Preferensi mengenai layanan yang sering di pakai, kebutuhan dan sebagainya akan tersimpan dalam data.

2.Hubungan/Koneksi

Jika sudah ada klien/pelanggan, maka langkah selanjutnya adalah membangun hubungan yang baik dengan mereka. Adapun hal ini mencakup berbagai hal, mulai dari menanggapi keluhan mereka, mempertimbangkan saran yang di berikan, dan sebagainya.

Tidak ada yang instan, harap di pahami bahwa CRM gunanya untuk mempermudah, bukan berarti semuanya serba instan dan cepat. Anda perlu membuat team yang nantinya bisa menjawab berbagai pertanyaan pelanggan, agar mereka tidak merasa di abaikan saat menggunakan jasa/produk yang di jual.

3.Manajemen(Pengelolaan)

Klien sudah, hubungan/koneksi juga sudah, sekarang tinggal syarat terakhir yakni pengelolaannya. Tentu, semakin banyak pelanggan yang Anda miliki, maka membutuhkan sumber daya manusia yang unggul untuk bisa mengelolanya.

Karena ini berkaitan dengan kualitas perusahaan, maka sebaiknya tidak perlu ragu-ragu untuk membangun team khusus untuk mengelola kebutuhan dan keperluan pelanggan.

Apa Manfaat Menerapkan CRM Dalam Bisnis?

Setelah mengetahui konsep dasar dan syarat pembangun, ini saatnya untuk mencari tahu manfaat di balik penggunaan CRM dalam bidang bisnis, terutama untuk perusahaan. Adapun beberapa benefit menerapkan sistem ini antara lain:

  • Mampu mempererat hubungan dengan klien/pelanggan
  • Meningkatkan loyality(kesetiaan) dari para customer
  • Secara tidak langsung berpotensi meningkatkan profit jangka panjang
  • Memperluas jangkauan klien atau target pemasaran
  • Memberikan pengaruh positif dalam segi efesiensi pekerjaan
  • Sarana branding yang bagus untuk popularitas perusahaan agar semakin dikenal

Catatan: Benefit menggunakan sistem CRM masih banyak lagi, Anda akan bisa mengetahuinya jika sudah menerapkan sistemnya.

Baca juga: 5 Manfaat IoT Untuk Industri Bisnis Anda

Penyedia Sistem CRM Terbaik Di Indonesia, Siap Memberikan Solusi!

Sudah mengenal PTDigital? Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang digital sistem untuk komunikasi, IoT, dan software. Salah satu layanan Kami adalah penyediaan CRM yang berkualitas untuk meningkatkan bisnis Anda.

PrimeTelco PTDigital bekerjasama dengan CRM kelas dunia, yakni Salesforce dan ZOHO. Kami siap memberikan solusi agar bisa meningkatkan kualitas komunikasi dan koneksi Anda dengan para pelanggan.

Dengan menggunakan sistem yang Kami tawarkan, Anda bisa mendapatkan lebih banyak keunggulan, Anda bisa memulainya dengan request demo kepada team agar lebih memahami tingkat efektivitas sistem ini.

PTDigital sendiri sudah terdaftar di Kemkominfo sebagai PSE(Penyelenggara Sistem Elektronik). Dengan nomor 000240.01/DJAI.PSE/03/2021. Untuk legalitas tidak perlu Anda khawatirkan, layanan Kami beroperasi pada platform legal yang menjamin keamanan data. Konsultasikan langsung masalah penggunaan CRM bersama team profesional!