Bagi sebagian orang, istilah Omni-channel mungkin masih terdengar asing di telinga. Namun, dalam dunia bisnis, sudah cukup banyak perusahaan yang menerapkan sistem omnichannel untuk memaksimalkan layanan konsumen.
Omnichannel merupakan strategi yang tepat untuk meningkatkan pengalaman pengguna pada era digital seperti sekarang. Nah, sebelum membahas lebih jauh, berikut ini adalah pengertian dari omni channel yang perlu Anda ketahui, beserta manfaatnya.
Pengertian Omni-channel
Omnichannel adalah tahap lanjutan dari multichannel yang sebelumnya sudah banyak digunakan oleh perusahaan. Aplikasi call center dengan sistem omnichannel memiliki jaringan yang lebih luas dan informasinya pun dapat diperbarui secara real-time.
Strategi ini menggabungkan beberapa saluran komunikasi secara bersamaan untuk membangun interaksi antara perusahaan dengan konsumen. Aplikasi call center omni channel juga merupakan strategi konten lintas saluran.
Sebab, omnichannel melibatkan berbagai saluran komunikasi, seperti panggilan telepon dan pesan melalui email, obrolan langsung, pesan melalui aplikasi chatting, dan media sosial. Tujuan utama dari pemanfaatan saluran komunikasi yang beragam adalah untuk menghadirkan pengalaman yang terpadu bagi konsumen.
Aplikasi bisnis berbasis omnichannel menjadi pilihan tepat untuk memberikan pelayanan yang personal bagi konsumen. Selain itu, dengan penerapan omnichannel, perusahaan dapat menghadirkan voice bot yang merupakan asisten AI untuk memberikan layanan yang lebih alami bagi konsumen.
Manfaat Omnichannel Bagi Perusahaan
Call center merupakan bagian penting dalam sebuah perusahaan. Divisi inilah yang paling sering berinteraksi dengan konsumen. Untuk menghadirkan layanan yang maksimal, bukan hanya sumber daya manusia saja yang Anda perlukan. Namun, juga aplikasi contact center yang mumpuni.
Dalam penerapannya, aplikasi call center omnichannel memiliki beberapa manfaat. Baik untuk industri ritel, manufaktur, distribusi, dan lain sebagainya. Salah satu manfaat dari penerapan omnichannel adalah memudahkan perusahaan menjangkau konsumen.
Interaksi antara perusahaan dan konsumen dapat terjalin melalui beberapa saluran sekaligus. Artinya, Anda juga harus mengupgrade teknologi yang diterapkan dalam layanan contact center perusahaan. Jika perlu, Anda bisa menggunakan aplikasi call center omnichannel.
Manfaat lain dari penggunaan aplikasi bisnis ini adalah memberikan layanan lebih bagi konsumen. Ketika keluhan yang mereka buat melalui call center dapat teratasi dengan baik dan mendapatkan respon cepat, maka konsumen cenderung lebih puas. Hal ini juga berfungsi untuk meningkatkan loyalitas konsumen pada produk ataupun jasa Anda. Lebih lanjut, omnichannel menghadirkan komunikasi yang paling relevan bagi konsumen di era digital.
Siapa Saja yang Cocok Menerapkan Omnichannel?
Strategi omnichannel sebenarnya cocok untuk berbagai bentuk perusahaan. Mulai dari perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur, ritel, distribusi, layanan jasa, supplier, dan masih banyak lagi. Umumnya, semakin lengkap call center yang dapat dihubungi, maka semakin cepat pula respon yang konsumen dapatkan dari perusahaan.
Selain penerapannya untuk call center, strategi ini juga dapat Anda terapkan dalam pemasaran dan penjualan. Dengan menggunakan strategi ini, Anda bisa melacak riwayat transaksi hingga kunjungan situs web yang konsumen lakukan.
Baca juga : Menjangkau Lebih Banyak Pembeli Dengan OmniChannel
Aplikasi Call Center Omnichannel Terbaik Bagi Perusahaan
Setelah membaca pengertian dan manfaat dari omnichannel, saatnya Anda menerapkan aplikasi omnichannel untuk perusahaan Anda. Namun, Anda tak bisa memilih aplikasi bisnis ini secara sembarangan.
Untuk menyesuaikan fungsi dan manfaatnya, Anda bisa menggunakan aplikasi call center berbasis omnichannel yang Kami tawarkan. Dengan jaminan kualitas, Anda bisa mendapatkan aplikasi yang pas bagi sektor bisnis yang Anda geluti.
Selain itu, aplikasi call center Kami mampu mencakup berbagai media komunikasi yang relevan dengan perkembangan saat ini. Sehingga perusahaan Anda dapat memberikan layanan yang maksimal bagi konsumen.